Rabu, 29 Agustus 2012

Asasment


Nama               :  MUTHIA N.H
Kelas               :  4G
NPM               :  09129310

MATA PELAJARAN                        :  ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS / SEMESTER           :  VI / 2
STANDAR KOMPETENSI  :  7.    Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
KOMPETENSI DASAR       :  7.1  Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya  
                                                           dan gerak (model jungkat jungkit, ketapel/model traktor
                                                           sederhana energi pegas)
INDIKATOR                         :
·         Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda.
·         Mendemonstrasikan bahwa gaya dapat mempengaruhi gerak benda.
·         Membuat jungkat-jungkit untuk membuktikan bahwa gaya mempengaruhi gerak benda.

Uraian Materi

Hubungan antara gaya dan gerak benda dapat ditunjukkan dengan beberapa model, yaitu jungkat-jungkit, katapel, dan traktor pegas. Cara kerja ketiga model tersebut berhubungan erat dengan energi.

Faktor yang mempengaruhi gerak benda :
1.      Gaya yang lebih besar bisa mengakibatkan gerak benda semakin cepat.
2.      Gaya yang kecil mengakibatkan gerak benda pelan.

1. Jungkat-jungkit
Jungkat-jungkit mempunyai tiga bagian penting yaitu titik tumpu, kuasa,dan beban. Titik tumpu terletak di bagian tengah. Bagian tengah tersebut berada di antara beban dan kuasa. Beban terletak di ujung papan pengungkit. Beban dapat berupa benda atau orang yang akan diangkat. Adapun kuasa ialah gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban. Gaya ini terletak diujung yang berlawanan dengan beban. Cermatilah gambar di atas. Dua orang anak dengan berat berbeda sedang bermain jungkat-jungkit. Anak yang lebih kecil (ringan) tidak mampu mengangkat temannya. Apa yang harus dilakukan agar jungkat-jungkit dapat seimbang? Untuk mengetahui jawabannya, lakukanlah kegiatan pada rubrik.
Membuat Jungkat-jungkit
Alat dan Bahan:
• Penggaris plastik ukuran 30 cm atau 50 cm
• Balok kayu kecil
• Spidol
• Plester
• Uang logam lima ratusan 10 buah
Cara Kerja:
1.      Tentukan letak titik tengah penggaris. Tandai titik tengah penggaris dengan huruf T (titik  tumpu).
2.      Letakkan penggaris dengan titik T tepat di tengah balok. Pada posisi ini penggaris seimbang. Tandai sebelah kanan titik T dengan huruf B (beban).  Tandai sebelah kiri titik T dengan huruf K (kuasa).
3.      Letakkan dua keping uang pada jarak 5 cm di sebelah kanan titik T. Rekatkan keduanya dengan plester sehingga tidak jatuh. Kedua uang itu disebut beban.
4.      Letakkan sekeping uang pada jarak 5 cm di sebelah kiri titik T. Uang itudisebut kuasa. Setelah kuasa diletakkan, apakah beban dapat terangkat?
5.      Geserlah letak kuasa ke kiri sambil memerhatikan kedudukan beban di B.Apakah jarak kuasa ke titik tumpu memengaruhi gerak beban?
6.      Ukurlah jarak uang di bagian K ketika bagian K dan B seimbang.
7.      Ulangi langkah nomor 2–6 dengan jumlah uang yang berbeda

Hubungan antara Gaya dan Energi
Dalam jungkat-jungkit, berat kedua anak yang bermain memengaruhi gerak jungkat-jungkit. Saat seorang anak berada di bawah, anak lainnya berada di atas. Anak yang di atas mengerjakan gaya ke bawah. Besar gaya yang dikerjakan sama dengan berat badan anak tersebut. Akibatnya, anak yang berada di bawah perlahan terangkat. Sesampainya di atas, anak ini juga mengerjakan gaya ke bawah sebesar berat badannya. Pertukaran posisi ini berlangsung terus-menerus. Dalam permainan jungkat-jungkit, seorang anak bergerak karena gaya berat anak lainnya. Dengan kata lain, gaya berat dapat membuat benda berpindah posisi. Saat gaya menyebabkan benda berpindah, dikatakan gaya

Selain energi kinetik dan potensial, masih ada bentuk energi yang lain. Energi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Energi panas, yaitu energi dalam bentuk panas. Energi panas juga disebut energi kalor. Energi panas berasal dari matahari, api, ataupun benda panas lainnya.
2. Energi kimia, yaitu energi yang timbul akibat reaksi kimia. Contohnya, energi kimia di dalam tubuh kita. Energi tersebut berasal dari pembakaran bahan makanan. Kita menggunakannya untuk bergerak. Contoh lainnya adalah energi kimia dalam bahan bakar. Energi tersebut digunakan untuk menjalankan mesin. Contohnya, mobil, motor, dan pesawat terbang.
3. Energi listrik, yaitu energi yang dimiliki arus listrik. Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan
4. Energi bunyi, yaitu energi yang dimiliki oleh bunyi. Kita dapat membuktikan bahwa bunyi mempunyai energi. Saat mendengar bunyi sangat keras, telinga kita menjadi sakit. Bunyi pesawat jet yang terbang rendah dapat memecahkan kaca jendela.
5. Energi cahaya, yaitu energi yang dimiliki cahaya. Contohnya, penggunaan laser untuk memotong logam. Laser juga digunakan untuk mengiris bagian tubuh yang akan dioperasi



Asasment

·           Aspek kognitif
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Sebutkan 2 faktor  yang mempengaruhi gerak benda!
  2. Sebutkan 2 model benda yang membuktikan bahwa gaya dapat mempengaruhi gerak benda!

Rubrik
Menjawab 2 benar poin 3
Menjawab 2 benar 1 poin 2
Menjawab 2 salah semua poin 1
Tidak menjawab poin 0

  • Aspek psikomotorik
Buatlah model jungkat-jungkit untuk membuktikan gaya mempengaruhi gerak benda!

Rubrik
Aspek penilaian
1
2
3
1. ketepatan membuat jungkat-jungkit



2. ketepatan cara menggunakan atau membuktikan



3. kreatifitas dalam membuat




Keterangan :
ü  Gagal membuat jungkat jungkit skore 1
ü  Jungkat jungkit tidak sempurna skore 2
ü  Jungkat jungkit yang dihasilkan baik dan bisa membuktikan skore 3

  • Aspek afektif

No.
Aspek penilaian
1
2
3
1
Keaktifan



2
Kreatifitas



3
Kerapian




Keterangan :
ü  Tidak memperhatikan penjelasan dan gagal membuat jungkat jungkit skore 1
ü  Aktif tetapi kurang kreatif skore 2
ü  Aktif,  antusias mendengarkan penjelasan dan mengerjakan jungkat jungkit dengan sempurna skore 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar