RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VI / I
Materi
Pokok : Ciri Makhluk Hidup
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
C. INDIKATOR
1.1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
1.1.2
Membedakan makhluk hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
1.1.3 Mengidentifikasi
perbedaan berbagai macam
hewan
1.1.4
Menggolongkan hewan berdasarkan persamaan tempat hidupnya
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
2.
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungannya.
3.
Siswa
dapat menyebutkan perbedaan hewan berdasarkan pengamatan ciri-cirinya
4.
Siswa dapat mengelompokkan hewan berdasarkan
tempat hidupnya.
E.
RANGKUMANMATERI
1.
Makhluk hidup memiliki ciri khusus untuk dapat
melangsungkan
hidupnya.
2.
Kelelawar memiliki sistem sonar yang dapat
menentukan arah gerak
dan letak benda walaupun kondisi lingkungan yang gelap.
3.
Cicak memiliki kemampuan memutuskan ekor,
dapat merayap di dinding
dengan kaki yang beralur sejajar, serta
lidah yang panjang untuk
menangkap mangsanya.
4.
Bebek dapat berenang
di air karena ciri khusus pada kakinya yang
berselaput.
F.
LANGKAH–
LANGKAH PEMBELAJARAN
TAHAPAN
|
LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
PRINSIP
PAKEM
|
PENGELOLAAN
KELAS
|
METODE
|
AWAL
|
1.
Berdoa, memberi salam, mengabsen siswa.
2.
Apersepsi, Kalau kalian merasa kedinginan apa yang
akan kalian ambil? Sedangkan kalau kepanasan apa yang akan kalian lakukan?
|
|
|
|
|
INTI
|
EKSPLORASI
1. Siswa diminta menyebutkan
hewan-hewan yang memiliki cirri khusus.
2. Siswa diminta menjelaskan kegunaan
dari bagian tubuh hewan yang berciri khusus.
ELABORASI
1. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi.
2. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru
tentang beberapa ciri khusus yang dimiliki hewan dan fungsinya melalui power
point.
3. Masing-masing
kelompok diberi lembar
kerja untuk mengidentifikasi cirri khusus hewan yang ada pada gambar besera
fungsinya.
4. Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya.
KONFIRMASI
1. Siswa bersama guru membahas hasil
diskusi.
2. Siswa
diberikan penguatan berupa hadiah dan pujian.
|
|
|
|
|
PENU
TUP
|
1. Siswa mengerjakan evaluasi.
2. Guru
memberikan penilaian.
3. Siswa menerima tugas pekerjaan
rumah dari guru.
4. Siswa dibimbing guru menarik
kesimpulan materi.
|
|
|
|
|
G.
SUMBER BAHAN,
MODEL PEMBELAJARAN dan ALAT
1.
Sumber Bahan :Buku BSE Senang Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam Kelas VI, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan halaman 13 - 22.
2.
Model
pembelajaran : CTL, Stick
talking
3.
Alat : LCD,
laptop, papan tulis, tongkat mainan
H.
KESIMPULAN
·
Daya serap : 80%
·
Perbaikan : 20%
I.
RENCANA TINDAK
LANJUT
·
PR ( terlampir )
J.
PENILAIAN
NO
|
JENIS PENGAMATAN
|
TEKNIK PELAKSANAAN
|
|
|
|
PROSES
|
HASIL
|
1.
|
Tes
lisan
|
ü
|
-
|
2.
|
Hasil
kerja kelompok
|
-
|
ü
|
3.
|
Hasil
kerja individu
|
-
|
ü
|
4.
|
Observasi
|
ü
|
-
|
K.
LAMPIRAN
1.
E1……… Lembar Kegiatan siswa
2.
E2……… Lembar Evaluasi Tengah KBM
3.
E3……… Lembar Kesimpulan
4.
E4……… Lembar Evaluasi akhir KBM
5.
E5……… Lembar Penugasan PR
6.
Pedoman penilaian
7.
Kisi-Kisi Soal Formatif
Jakenan, 19 Juli 2011
Mengetahui
Kepala SDN Jakenan Guru
Kelas VI
SUHARNI, S.Pd MU’THIA N.H, A.Ma
NIP. 19670921
198806 2 002
NIP. 19870608 201001 2 023
LAMPIRAN 1 ( E1 )
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok :
Ciri khusus makhluk hidup
Kelas /
Semester : VI/ I
Carilah cirri
khusus hewan yang ada disekitarmu, kemudian jelaskan fungsinya!
Kunci jawaban
1.
Cicak mempunyai jari yang berperekat untuk merayap
didinding
2.
Pinguin berbulu tebal untuk menghangatkan tubuhnya
karena hidup dikutub
3.
Bebek mempunyai kaki berselaput untuk berenang
4.
Cumi-cumi mempunyai tinta hitam untuk mengelabui
musuhnya
5.
Landak berkulit duri untuk melindungi diri dari musuh
LAMPIRAN 2 ( E2)
LEMBAR
EVALUASI TENGAH KBM
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok :
Ciri khusus makhluk hidup
Kelas /
Semester : VI/ I
Lengkapi tabel
dibawah ini berdasarkan gambar!
LAMPIRAN 3 ( E3)
LEMBAR
KESIMPULAN
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok :
Ciri Makhluk Hidup
Kelas /
Semester : VI / i
KESIMPULAN
1.
Makhluk hidup
memiliki ciri khusus untuk dapat melangsungkan
hidupnya.
2.
Kelelawar memiliki sistem sonar yang dapat
menentukan arah gerak
dan letak benda walaupun kondisi lingkungan yang gelap.
3.
Cicak memiliki kemampuan memutuskan ekor,
dapat merayap di dinding
dengan kaki yang beralur sejajar, serta
lidah yang panjang untuk
menangkap mangsanya.
4.
Bebek dapat berenang
di air karena ciri khusus pada kakinya yang
berselaput.
LAMPIRAN 4 ( E4 )
LEMBAR
EVALUASI AKHIR KBM
Mata
Pelajaran : Ilmi Pengetahuan alam
Materi Pokok :
Ciri Khusus Hewan
Kelas /
Semester : VI/ I
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.
Apakah manfaat cirri khusus pada makhluk hidup?
2.
Bagaimana cumi-cumi menggunakan cirri khususnya untuk
melindungi diri dari musuh?
3.
Apa cirri khusus dari cicak?
4.
Mengapa penguin mempunyai bulu yang tebal?
5.
Sebutkan 3 jenis hewan beserta cirri khususnya!
Kunci Jawaban
1.
Untuk melangsungkan hidupnya, dan melindungi diri dari
musuh.
2.
Cumi-cumi akan mengekuarkan tinta hitamnya untuk
mengelabui musuhnya.
3.
Cicak bisa memutuskan ekor ketika ditangkap musuh.
4.
Untuk menghangatkan tubuhnya, karena pinguin hidup
dikutub.
5.
Landak berkulit duri, bunglon bisa merubah kulitnya
sesuai lingkungannya, bebek memiliki kaki berselaput untuk berenang di air.
Skore Penilaian
: Betul x 2
= 5 x 2
= 10
LAMPIRAN 5 ( E5)
LEMBAR
PENUGASAN ( PR )
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Materi Pokok :
Ciri Khusus Hewan
Kelas /
Semester : VI / I
Isilah
titik-titik berikut.
1.
Cecak akan . . . saat seekor kucing menangkapnya.
2.
Tubuh . . . dapat memancarkan cahaya yang indah.
3. Kelelawar
memiliki ….. menentukan arah gerak.
4. Bunglon
akan ….. jika ada musuh.
5.
Kelelawar mempunyai kemampuan menangkap gelombang bunyi. Kemampuan
itu
disebut . . . .
Kunci Jawaban
1. Ototomi
2. Memutuskan
ekornya
3. Sistem
sonar
4. Merubah
kulitnya
5. Ultrasonik
LEMBAR
PERBAIKAN
Tulislah nama – nama hewan beserta
ciri khususnya!
LEMBAR
PENGAYAAN
Gambarlah
hewan-hewan yang mempunyai ciri khusus!
LAMPIRAN 6
LEMBAR
PENILAIAN
NO
|
NAMA ANAK
|
KRITERIA
|
SKORNILAI
|
NILAI
|
|||||||||||||
Kerjasama
|
Unjuk
Kerja
|
Sikap
Ilmiah
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1.
|
EDI DWI W
|
√
|
§ √
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
6
|
50
|
||
2.
|
ARIS SETIAWAN
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
67
|
||
3.
|
HANDAYANI P
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
67
|
||
4.
|
M. HADI SYAHRONI
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
67
|
||
5.
|
RUL AINI AZIZAH
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
67
|
||
6.
|
FERY EKO N
|
√
|
§ √
|
|
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
6
|
50
|
||
7.
|
ADITYA ALFANDI
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
67
|
||
8.
|
ANDYANI P
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
11
|
91
|
||
9.
|
ANITA SAFITRI
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
67
|
||
10.
|
ARI NUR AYEN
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
9
|
75
|
||
11.
|
BAGAS ADI K
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
11
|
91
|
||
12.
|
BERLYANA WINDA
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
10
|
83
|
||
13.
|
DEWI P
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
10
|
83
|
||
14.
|
FRANCA TONY A
|
|
§
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
10
|
83
|
||
15.
|
IKA BERLYANA P
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
9
|
75
|
||
16.
|
KARTIKA INDAH S
|
|
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
11
|
91
|
||
17.
|
M.ERIC K
|
|
√
|
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
67
|
||
18.
|
NOFITA A
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
10
|
83
|
||
19.
|
RIYAN ADI P
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
9
|
75
|
||
20.
|
SISWO A
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
9
|
75
|
||
21.
|
VIVI ALVIA
|
|
§
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
9
|
75
|
||
22.
|
M. ALVIAN
|
|
§
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
9
|
75
|
||
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
x 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
KELAS
VI
SEMESTER
I
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas : VI / I
Sekolah : SDN JAKENAN
Penyusun
RPP : MUTHIA N.H, A.Ma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar