Rabu, 29 Agustus 2012

RPP IPA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
                                                Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
                                                Kelas/Semester            :  VI / I
                                                Materi Pokok              :  Ciri Makhluk Hidup
                                                Alokasi Waktu            :  2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
1.     Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat  hidupnya
B.     KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan  (kelelawar, cicak, bebek)  dan lingkungan hidupnya
C.    INDIKATOR
1.1.1  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
1.1.2  Membedakan makhluk hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
1.1.3  Mengidentifikasi perbedaan berbagai macam hewan
1.1.4  Menggolongkan hewan berdasarkan persamaan tempat hidupnya
D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.         Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
2.         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dengan lingkungannya.
3.         Siswa dapat menyebutkan perbedaan hewan berdasarkan pengamatan ciri-cirinya
4.         Siswa dapat mengelompokkan hewan berdasarkan tempat hidupnya.
E.     RANGKUMANMATERI
1.       Makhluk hidup memiliki ciri khusus untuk dapat melangsungkan
      hidupnya.
2.       Kelelawar memiliki sistem sonar yang dapat menentukan arah gerak
dan letak benda walaupun kondisi lingkungan yang gelap.
3.       Cicak memiliki kemampuan memutuskan ekor, dapat merayap di dinding
      dengan kaki yang beralur sejajar, serta lidah yang panjang untuk
      menangkap mangsanya.
4.      Bebek dapat berenang di air karena ciri khusus pada kakinya yang
      berselaput.

F.     LANGKAH– LANGKAH PEMBELAJARAN
TAHAPAN
LANGKAH PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
PRINSIP PAKEM
PENGELOLAAN KELAS
METODE
AWAL










1.    Berdoa, memberi salam, mengabsen siswa.
2.    Apersepsi, Kalau kalian merasa kedinginan apa yang akan kalian ambil? Sedangkan kalau kepanasan apa yang akan kalian lakukan?














INTI





























































EKSPLORASI
1.    Siswa diminta menyebutkan hewan-hewan yang memiliki cirri khusus.
2.    Siswa diminta menjelaskan kegunaan dari bagian tubuh hewan yang berciri khusus.
ELABORASI
1.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi.
2.    Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang beberapa ciri khusus yang dimiliki hewan dan fungsinya melalui power point.
3.    Masing-masing kelompok diberi lembar kerja untuk mengidentifikasi cirri khusus hewan yang ada pada gambar besera fungsinya.
4.    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

KONFIRMASI
1.    Siswa bersama guru membahas hasil diskusi.
2.    Siswa diberikan penguatan berupa hadiah dan pujian.
























































































 PENU
TUP
1.    Siswa mengerjakan evaluasi.
2.    Guru memberikan penilaian.
3.    Siswa menerima tugas pekerjaan rumah dari guru.
4.    Siswa dibimbing guru menarik kesimpulan materi.























G.    SUMBER BAHAN, MODEL PEMBELAJARAN dan ALAT
1.      Sumber Bahan :Buku BSE Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan halaman 13 - 22.
2.      Model pembelajaran  :  CTL,  Stick talking
3.      Alat                            :  LCD, laptop, papan tulis, tongkat mainan
H.    KESIMPULAN
·           Daya serap           :  80%
·           Perbaikan             :  20%
I.       RENCANA TINDAK LANJUT
·           PR ( terlampir )

J.      PENILAIAN
NO
JENIS PENGAMATAN
TEKNIK PELAKSANAAN


PROSES
HASIL
1.
Tes lisan
ü
-
2.
Hasil kerja kelompok
-
ü
3.
Hasil kerja individu
-
ü
4.
Observasi
ü
-

K.    LAMPIRAN
1.    E1……… Lembar Kegiatan siswa
2.    E2……… Lembar Evaluasi Tengah KBM
3.    E3……… Lembar Kesimpulan
4.    E4……… Lembar Evaluasi akhir KBM
5.    E5……… Lembar Penugasan PR
6.    Pedoman penilaian
7.    Kisi-Kisi Soal Formatif



            Jakenan, 19 Juli 2011
            Mengetahui
     Kepala SDN Jakenan                                                                     Guru Kelas VI


     SUHARNI, S.Pd                                                                    MU’THIA N.H, A.Ma   
     NIP. 19670921 198806 2 002                                                 NIP. 19870608 201001 2 023













LAMPIRAN 1 ( E1 )

LEMBAR KEGIATAN SISWA
                                    Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Materi Pokok              :  Ciri khusus makhluk hidup
                                    Kelas / Semester          :  VI/ I

Carilah cirri khusus hewan yang ada disekitarmu, kemudian jelaskan fungsinya!

Kunci jawaban
1.      Cicak mempunyai jari yang berperekat untuk merayap didinding
2.      Pinguin berbulu tebal untuk menghangatkan tubuhnya karena hidup dikutub
3.      Bebek mempunyai kaki berselaput untuk berenang
4.      Cumi-cumi mempunyai tinta hitam untuk mengelabui musuhnya
5.      Landak berkulit duri untuk melindungi diri dari musuh



















LAMPIRAN 2 ( E2)
LEMBAR EVALUASI TENGAH KBM
                                    Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Materi Pokok              :  Ciri khusus makhluk hidup
                                    Kelas / Semester          :  VI/ I
Lengkapi tabel dibawah ini berdasarkan gambar!




























LAMPIRAN 3 ( E3)

LEMBAR KESIMPULAN
                                    Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Materi Pokok              :  Ciri Makhluk Hidup
                                    Kelas / Semester          :  VI / i

KESIMPULAN

1.      Makhluk hidup memiliki ciri khusus untuk dapat melangsungkan
      hidupnya.
2.       Kelelawar memiliki sistem sonar yang dapat menentukan arah gerak
dan letak benda walaupun kondisi lingkungan yang gelap.
3.       Cicak memiliki kemampuan memutuskan ekor, dapat merayap di dinding
      dengan kaki yang beralur sejajar, serta lidah yang panjang untuk
      menangkap mangsanya.
4.      Bebek dapat berenang di air karena ciri khusus pada kakinya yang
      berselaput.














LAMPIRAN 4 ( E4 )
LEMBAR EVALUASI AKHIR KBM
                                    Mata Pelajaran            :  Ilmi Pengetahuan alam
                                    Materi Pokok              :  Ciri Khusus Hewan
                                    Kelas / Semester          :  VI/ I

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.      Apakah manfaat cirri khusus pada makhluk hidup?
2.      Bagaimana cumi-cumi menggunakan cirri khususnya untuk melindungi diri dari musuh?
3.      Apa cirri khusus dari cicak?
4.      Mengapa penguin mempunyai bulu yang tebal?
5.      Sebutkan 3 jenis hewan beserta cirri khususnya!

Kunci Jawaban
1.      Untuk melangsungkan hidupnya, dan melindungi diri dari musuh.
2.      Cumi-cumi akan mengekuarkan tinta hitamnya untuk mengelabui musuhnya.
3.      Cicak bisa memutuskan ekor ketika ditangkap musuh.
4.      Untuk menghangatkan tubuhnya, karena pinguin hidup dikutub.
5.      Landak berkulit duri, bunglon bisa merubah kulitnya sesuai lingkungannya, bebek memiliki kaki berselaput untuk berenang di air.

Skore Penilaian :  Betul x 2
                                   
                          = 5 x 2
                          =  10








LAMPIRAN 5 ( E5)

LEMBAR PENUGASAN ( PR )
                                    Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
                                    Materi Pokok              :  Ciri Khusus Hewan
                                    Kelas / Semester          :  VI / I

Isilah titik-titik berikut.
1. Cecak akan . . . saat seekor kucing menangkapnya.
2. Tubuh . . . dapat memancarkan cahaya yang indah.
3. Kelelawar memiliki ….. menentukan arah gerak.
4. Bunglon akan ….. jika ada musuh.
5. Kelelawar mempunyai kemampuan menangkap gelombang bunyi. Kemampuan
    itu disebut . . . .

Kunci Jawaban
1.      Ototomi
2.      Memutuskan ekornya
3.      Sistem sonar
4.      Merubah kulitnya
5.      Ultrasonik






LEMBAR PERBAIKAN
Tulislah nama – nama hewan beserta ciri khususnya!

LEMBAR PENGAYAAN
Gambarlah hewan-hewan yang mempunyai ciri khusus!


LAMPIRAN 6
LEMBAR PENILAIAN



NO
NAMA ANAK
KRITERIA
SKORNILAI
NILAI
Kerjasama
Unjuk Kerja
Sikap Ilmiah
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
EDI DWI W
§ 








6
50
2.
ARIS SETIAWAN









8
67
3.
HANDAYANI P









8
67
4.
M. HADI SYAHRONI









8
67
5.
RUL AINI AZIZAH









8
67
6.
FERY EKO N
§ 








6
50
7.
ADITYA ALFANDI









8
67
8.
ANDYANI P









11
91
9.
ANITA SAFITRI









8
67
10.
ARI NUR AYEN









9
75
11.
BAGAS ADI K









11
91
12.
BERLYANA WINDA









10
83
13.
DEWI P









10
83
14.
FRANCA TONY A

§   







10
83
15.
IKA BERLYANA P









9
75
16.
KARTIKA INDAH S









11
91
17.
M.ERIC K









8
67
18.
NOFITA A









10
83
19.
RIYAN ADI P









9
75
20.
SISWO A









9
75
21.
VIVI ALVIA

§   







9
75
22.
M. ALVIAN

§   







9
75
JUMLAH


































 x 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS VI
SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2011/2012




Penguins.jpg



                                    Mata Pelajaran       :  ILMU PENGETAHUAN ALAM
                                    Kelas                          :  VI / I
                                    Sekolah                     :  SDN JAKENAN
                                    Penyusun RPP         :  MUTHIA N.H, A.Ma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar