Kamis, 13 September 2012

RPP KENAMPAKAN ALAM NEGARA TETANGGA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SD Negeri Jakenan
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Alokasi Waktu             :   2 x 35 menit

I.       Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

II.    Kompetensi Dasar
1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

III. Tujuan Pembelajaran
@  Siswa dapat Menjelaskan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

F Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Berfikir kritis, Kreatif dalam pemanfaatan barang bekas, Tekun, Jujur, dan  Ketelitian

IV. Materi Pokok
§  Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
Ø  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi untuk mengawali pelajaran.
Ø  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Meminta siswa untuk menyebutkan kenampakan alam Indonesia dan Negara tetangga
Ø  Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan pencarian dalam internet gambar-gambar kenampakan alam dengan laptop yang disediakan.
Ø  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas menempelkan bagian-bagian  dari kenampakan alam dan sosial dari negara tetangga sesuai pada tempatnya
Ø  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
Ø  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
Ø  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi tentang data materi yang diperoleh bersama kelompoknya
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
v  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan  pelajaran
Ø  Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

VI. Alat  Dan Sumber Bahan
§  Kartu kenampakan alam
§  Kartu kenampakan sosial
§  Papan tempel
§  Buku IPS Erlangga halaman 44 – 54
§  Buku IPS BSE halaman 67 – 74
§  Buku RPUL halaman 121 – 125
§  Akses Internet
VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
Tertulis,
uraian
1. Sungai utama di Thailand adalah ....
2. Tanah Genting Kra terdapat di ...
3. Negara di Asia Tenggara yang dulu adalah bagian dari Indonesia ....
4. Bahasa Tagalog adalah bahasa dari negara ...
5. Negara yang mendapat sebutan the land locked country adalah ...

Format Kriteria Penilaian      
v  PRODUK
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Psikomotorik
* semua benar sempurna
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

v  PENAMPILAN
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.






2.
Kognitif






Afektif
* Menguasai materi dengan sempurna
* Sebagian benar dalam penguasaan    materi
* Kurang menguasai materi
* Tidak menguasai materi

* Aktif, percaya diri dan kreatif dalam berfikir menjawab soal
* Kurang aktif dan percaya diri dalam berfikir menjawab soal
* Kadang-kadang aktif
* Tidak aktif

4

3
2
1

4

3

2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        Jakenan, 13 September 2012
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas VI-B


          SUHARNI, S.Pd                                                 MU’THIA NURUL HIDAYAH, A.Ma
NIP :19670921 198806 2 002                              NIP :19870608 201001 2 023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar