Rabu, 29 Agustus 2012

RPP PUISI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
                                                Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                                                Kelas/Semester            :  V / II
                                                Materi Pokok              :  Puisi
                                                Alokasi Waktu            :  2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
8.  Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

B.     KOMPETENSI DASAR
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
C.    INDIKATOR
8.3.1 Menuliskan puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
8.3.2 Membacakan puisi yang telah dibuat dengan baik.
D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai siswa dapat :
·      Menuliskan puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
·      Membacakan puisi yang telah dibuat dengan baik.
E.     RANGKUMANMATERI
1.         Puisi adalah karangan yang terikat oleh bait, rima, syair dan intonasi.
2.         Unsur intrinsik puisi adalah, makna kata dan amanat dalam puisi.
3.         Cara menulis puisi adalah :
§  Memilih kata yang indah untuk menyusun puisi.
§  Membuat kalimat dengan rima yang indah.
§  Menyusun kalimat menjadi beberapa bait.
4.         Cara membaca puisi yang benar.
§  Lafal membaca puisi harus jelas
§  Menggunakan intonasi yang tepat
§  Menggunakan mimik wajah / ekspresi yang tepat
§  Menggunakan gerak tangan atau bahasa tubuh


F.     LANGKAH– LANGKAH PEMBELAJARAN
TAHAPAN
LANGKAH PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
PRINSIP PAKEM
PENGELOLAAN KELAS
METODE
AWAL










1.    Berdoa, salam, presensi siswa.
2.    Apersepsi ; Guru membacakan puisi tentang alam yang ditampilkan dilayar LCD




5 menit





interaksi

klasikal


Tanya jawab
INTI





























































EKSPLORASI
1.    Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang indah dalam puisi yang dibacakan oleh guru di LCD
2.    Siswa  diminta mencari makna kata-kata yang telah dicatat.
ELABORASI
1.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi.
2.    Siswa dijelaskan cara membuat puisi dengan pilihan kata yang indah.
3.    Masing-masing kelompok diminta membuat puisi yang bertema bebas.
4.    Guru melempar bola dan siswa yang menangkap bola mewakili kelompoknya membacakan puisi dengan intonasi dan ekspresi yang benar.
5.    Perwakilan dari kelompok lain mengomentari puisi yang dibuat kelompok temannya.
KONFIRMASI
1.    Siswa bersama guru membahas hasil diskusi puisi yang dibuat.
2.    Siswa diberikan penguatan berupa hadiah dan pujian.

20 menit




10 menit




15 menit





5 menit




5 menit





5 menit






  5 menit


Mengala-mi





Interaksi







Interaksi















Interaksi








refleksi







refleksi









Klasikal







Kelompok







Kelompok







Kelompok








Kelompok







Klasikal


















Power Point






Diskusi







Diskusi






Snow ball playing





















PENU
TUP
1.    Siswa mengerjakan evaluasi.
2.    Guru memberikan penilaian.
3.    Siswa menerima tugas pekerjaan rumah dari guru.
4.    Siswa dibimbing guru menarik kesimpulan materi penyusunan laporan kunjungan




15 menit





refleksi


Klasikal





Tanya jawab






G.    SUMBER BAHAN, MODEL PEMBELAJARAN dan ALAT
1.      Sumber Bahan :Buku BSE Cinta Bahasa Indonesia kelas V, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan halaman 195-199.
2.      Model pembelajaran  :  CTL,  Snowball Playing.
3.      Alat                  : bola, LCD, laptop, papan tulis


H.    KESIMPULAN
·           Daya serap           :  80%
·           Perbaikan             :  20%
I.       RENCANA TINDAK LANJUT
·           PR ( terlampir )
J.      PENILAIAN
NO
JENIS PENGAMATAN
TEKNIK PELAKSANAAN


PROSES
HASIL
1.
Tes lisan
ü
-
2.
Hasil kerja kelompok
-
ü
3.
Hasil kerja individu
-
ü
4.
Observasi
ü
-

K.    LAMPIRAN
1.    E1……… Lembar Kegiatan siswa
2.    E2……… Lembar Evaluasi Tengah KBM
3.    E3……… Lembar Kesimpulan
4.    E4……… Lembar Evaluasi akhir KBM
5.    E5……… Lembar Penugasan PR
6.    Pedoman penilaian
7.    Kisi-Kisi Soal Formatif



            Jakenan, 1 Juni  2011
            Mengetahui
     Kepala SDN Jakenan                                                                     Guru Kelas V


     SUHARNI, S.Pd                                                                    MU’THIA N.H, A.Ma   
     NIP. 19670921 198806 2 002                                                 NIP. 19870608 201001 2 023





LAMPIRAN 1 ( E1 )

LEMBAR KEGIATAN SISWA
                                    Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                                    Materi Pokok              :  Puisi
                                    Kelas / Semester          :  V / 2

Petunjuk          :  Catatlah kata-kata sulit dan konotasi dari puisi yang ada di LCD dan carilah makna katanya !

Ombak
Bergulung-gulung ombak di laut
Berkejaran memecah di tepi pantai
Melemparkan kerang, dan aneka keong
Indah
Yang mati, dari dasar lautan
Deburan ombak terdengar tiada henti
Seolah memberi pesan pada kita
Bahwa Tuhan Maha Penyayang
Tak pernah berhenti memberkati kita

Kata – kata sulit
1.      Ombak                        :  Air laut yang bergerak terkena angin
2.      Dasar laut                    :  Bagian laut yang paling bawah
3.      Deburan ombak           :  Suara ombak
4.      Memberkati                 :  Melindungi, memberikan rejeki

Skore Penilaian           =  Betul x 2 + 2
                                    =  4 x 2 + 2
                                    =  10




LAMPIRAN 2 ( E2)

LEMBAR EVALUASI TENGAH KBM
                                    Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                                    Materi Pokok              :  Puisi
                                    Kelas / Semester          :  V / 2


Petunjuk :  Buatlah puisi bebas bersama kelompokmu dengan pilihan kata yang  tepat 
                           Kemudian bacakan didepan kelas!

















Kelompok       :
1.       
2.       
3.        
4.       
5.       
6.       
LAMPIRAN 3 ( E3)

LEMBAR KESIMPULAN
                                    Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                                    Materi Pokok              :  Puisi
                                    Kelas / Semester          :  V / 2

KESIMPULAN
1.         Puisi adalah karangan yang terikat oleh bait, rima, syair dan intonasi.
2.         Unsur intrinsik puisi adalah, makna kata dan amanat dalam puisi.
3.         Cara menulis puisi adalah :
§  Memilih kata yang indah untuk menyusun puisi.
§  Membuat kalimat dengan rima yang indah.
§  Menyusun kalimat menjadi beberapa bait.
4.         Cara membaca puisi yang benar.
§  Lafal membaca puisi harus jelas
§  Menggunakan intonasi yang tepat
§  Menggunakan mimik wajah / ekspresi yang tepat
§  Menggunakan gerak tangan atau bahasa tubuh
5.         Aku dan Gitar

Kakakku pandai bermain gitar
Padanya aku ingin belajar
Perlahan ia memetik senar
Berlenggak-lenggok berputar-putar
Senang hatiku mendengar nyanyiannya
Merdu suara teduhkan jiwa
Jika aku telah dewasa
Inginku pandai bermain gitar sepertinya

Skore Penilaian =  Jumlah betul  x  2
                          =  5  x  2
                          =  10
LAMPIRAN 4 ( E4 )
LEMBAR EVALUASI AKHIR KBM
                                    Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                                    Materi Pokok              :  Puisi
                                    Kelas / Semester          :  V / 2
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.        Apa yang disebut dengan puisi?
2.        Bagaimana cara menulis puisi yang baik?
3.        Apa saja yang harus diperhatikan dalam membaca puisi?
4.        Sebutkan unsur intrinsik puisi!
5.        Buatlah satu bait puisi tentang alam!
Kunci Jawaban
1.        Puisi adalah karangan yang terikat oleh bait, syair, rima, intonasi dan ekspresi.
2.        Cara menulis puisi adalah :
§  Memilih kata yang indah untuk menyusun puisi.
§  Membuat kalimat dengan rima yang indah.
§  Menyusun kalimat menjadi beberapa bait.
3.        Cara membaca puisi yang benar.
§  Lafal membaca puisi harus jelas
§  Menggunakan intonasi yang tepat
§  Menggunakan mimik wajah / ekspresi yang tepat
§  Menggunakan gerak tangan atau bahasa tubuh
4.        Unsur intrinsik puisi adalah makna kata dan amanat dalam puisi
5.        Aku dan Gitar

Kakakku pandai bermain gitar
Padanya aku ingin belajar
Perlahan ia memetik senar
Berlenggak-lenggok berputar-putar
Senang hatiku mendengar nyanyiannya
Merdu suara teduhkan jiwa
Jika aku telah dewasa
Inginku pandai bermain gitar sepertinya
Skor Penilaian  :  Jumlah betul x 2 = 10

LAMPIRAN 5 ( E5)

LEMBAR PENUGASAN ( PR )
                                    Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
                                    Materi Pokok              :  Puisi
                                    Kelas / Semester          :  V / 2

Petunjuk !
Buatlah puisi tentang rumahmu!







LEMBAR PERBAIKAN
Carilah makna kata yang ada dalam puisi yang kamu buat dirumah!





LEMBAR PENGAYAAN
Pilihlah kata-kata indah yang bisa digunakan untuk menulis puisi yang bertema alam!









LAMPIRAN 6
LEMBAR PENILAIAN



NO
NAMA ANAK
KRITERIA
SKORNILAI
NILAI
Keindahan puisi
Kreativitas
Keaktifan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
ARIS SETIAWAN
§ 








6
50
2.
DIKI WAHYU D









8
67
3.
VITA RIANDINI









8
67
4.
ALMA’RUF TABAH









8
67
5.
BAGUS IRAWAN









8
67
6.
BAGUS PRADITYA
§ 








6
50
7.
DEVI FEBRIANI









11
91
8.
ELVIN WINTA S









11
91
9.
FAJAR TAUFIK H









8
67
10.
IKA DEWI N









9
75
11.
INDAH MURIA L









9
75
12.
LISTI DIAH A









8
67
13.
LUCKY AGUSTIN F









9
75
14.
NOVITA SARI
§ 








6
50
15.
OKY DWI S









9
75
16.
RETNO W









9
75
17.
RONALD OKTA









8
67
18.
SALMA FAIZ









10
83
19.
SUTRI HANDAYANI









9
75
20.
SYAHRIAL VARREL









9
75
21.
TRI ROHMAT
§ 








6
50
22.
TYEN MAHENDRA
§ 








6
50
23.
TIRTA SARI R









11
91
JUMLAH


































 x 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

BAHASA INDONESIA KELAS V
SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2010/2011







                                    Mata Pelajaran       :  Bahasa Indonesia
                                    Kelas                          :  V ( lima )
                                    Sekolah                     :  SDN JAKENAN
                                    Penyusun RPP         :  MUTHIA N.H, A.Ma

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. maaf pada bagian penutup ada kesalahan pengetikan , semoga bermanfaat ;)

    BalasHapus